Cerpen : Dua Belas Dewi

Cerita Troy, Hercules dan Xena bersettingkan mitologi Yunani, dan nama-nama yang tersebut di atas juga merupakan dewa-dewi dalam mitologi Yunani. Namun seringkali terjadi, misal, nama Aphrodite diperbandingkan dengan nama Venus. Bagi yang tidak tahu, Aphrodite dan Venus adalah dewi yang sama. Hanya saja nama Aphrodite adalah versi mitologi Yunani, sedangkan nama Venus merupakan versi mitologi Romawi.
Di bawah ini adalah nama-nama dewa dan dewi yang sama-sama dikenal pada mitologi Yunani dan Romawi. Mereka dikenal dengan sebutan the twelve gods of Olympus atau dua belas dewa-dewi dari Olimpus:

Mitologi Yunani Mitologi Romawi

1. Aphrodite —– Venus

Adalah dewi cinta dan keindahan yang selalu diasosiasikan dengan dengan, atau digambarkan bersama dengan lumba-lumba, merpati, angsan, merpati dan pohon lime.

2. Apollo —– Apollo

Adalah dewa cahaya, kesembuhan, kesehatan, memanah, puisi, tarian, kepintaran dan pelindung bagi hewan ternak.

3. Arês —– Mars

Adalah dewa perang dan anak dari Zeus dan Hera. Ia merupakan salah satu tokoh pada Perang Troja.

4. Artemis —– Diana

Adalah dewi perawan pelindung para pemburu, binatang, kesucian dan kelahiran. Ia dipuja sebagai dewi kelahiran karena ia membantu ibunya ketika melahirkan kembarannya, Apollo.

5. Athena —– Minerva

Adalah dewi kebijakan, strategi dan perang. Ia selalu ditemani seekor burung hantu, menyandang kulit kambing yang diberikan kepadanya oleh ayahnya – Aegis. Ia juga selalu ditemani oleh dewi kemengangan – Nike. Athena adalah dewi pejuang bersenjata yang perawan selamanya.

6. Dêmêter —– Ceres

Adalah dewi pertanian, pemberi kesuburan pada bumi, pemberi siklus kehidupan dan kematian, dan pelindung bagi perkawinan dan hukum.

7. Hephaestus —– Vulcan

Adalah dewa api dan pandai besi. Ia adalah pelindung bagi para pengrajin logam, pemahat, senimal, metal dan metalurgi serta api. Ia dipuja di semua pusat manufaktur dan industri Yunani, terutama di Athena.

8. Hera —– Juno

Adalah istri dan saudara Zeus. Ia merupakan dewi perkawinan, dan digambarkan sebagai figur yang agung dengan mengenakan polos, mahkota berbentuk bulat yang kerap dipakai oleh beberapa Maha Dewa-Dewi.

9. Hermês —– Mercury

Adalah dewa perbatasan dan para pelancong yang melewati perbatasan tersebut, pelindung para gembala sapi dan domba, orator, penulis sastra dan penyair, atlit, penemu, pedagang, pencuri dan pengirim pesan para dewa kepada manusia. Penemuan yang berhasil disebut hermaion. Penerjemah yang mampu menjembatani hubungan orang-orang asing adalah hermeneus. Selanjutnya, Hermês merupakan akar kata hermeneutics, yaitu keahlian menerjemahkan makna yang tersembunyi.

10. Hestia —– Vesta

Adalah dewi keharmonisan rumah tangga dan keluarga. Namanya berarti (secara literal) “rumah dan tungku”, atau dengan kata lain, rumah dan mereka yang menempati rumah tersebut.

11. Poseidon —– Neptune

Adalah dewa kuda, atau dengan kata lain, patron bagi balapan kuda. Ia mengendarai kereta yang ditarik kuda atau kuda laut, dan tinggal di istana bawah laut yang terbuat dari kerang dan batu-batu laut. Poseidon selalu diasosiasikan dengan lumba-lumba, tombak bermata tiga dan alat pengait ikan. Bila suasana hatinya senang, maka laut akan tenang. Namun bila ia sedang marah, maka ia akan menyentakkan trisulanya ke tanah hingga mengakibatkan gempa bumi, kapal karam dan tenggelam, serta musim yang kacau.

12. Zeus —– Jupiter

Zeus Kroniõn, atau Zeus atau Zdeus atau Dias (‘Raja Agung’) adalah dewa langit dan petir. Ia juga merupakan ayah dan pemimpin para dewa dan dewi, serta ayah dari banyak pahlawan mitologi - salah satunya yang kita kenal adalah Heracles (alias Hercule). Hercules adalah anak Zeus dengan seorang wanita bumi.
Zeus adalah kelanjutan dari Dyeus, dewa tertinggi pada agama Indo-Eropa, atau Vedic Dyaus Pitar (alias Jupiter) dan Tyr (Ziu, Tiw, Tiwaz) pada mitologi Germanic dan Norse. Namun Try kemudian digantikan oleh Odin sebagai dewa tertinggi bangsa Germanic. Mereka juga tidak mengidentifikasikan Zues dengan Tyr atau Odin, melainkan dengan Thor.

 
You can follow any responses to this entry through the Contac Us. You can leave a response.