Cerpen Cinta-Tahun Baru 2009

Dari seminggu yang lalu anak-anak dikantorku pada sibuk semua buat rencana malam tahun baru. Aku aja masih gak tau mau ngapain malam tahun baru nanti karena Ari pastinya kerja saat itu. Yah paling tidur lagi dirumah. Memang sih rencananya bakal ada acara selamatan dirumah Kak Iwan untuk ngerayain ulang tahunnya yang bertepatan tanggal 1 Januari jadi kita semua bakal berada dirumahnya. Dikantor juga ada acara tahun baruan bersama para karyawan tapi aku masih gak tau bisa datang ato gak soalnya kalo sendirian aku pasti gak bakal diizinin. Dari sore Pak Yahya sudah di wanti-wanti untuk datang jam 10 karena acara baru akan dimulai jam segitu.
“Gimana Vi datang gak?” Tanyaku sama Novi teman sekerjaku.
“Gak tau ya Cia apa aku bisa diijinin ya kalo harus keluar jam 10.”
“Tapi kan Vi ini acara setahun sekali masa gak boleh sih. Lagian entar pulangnya minta diantar aja sama yang lain pasti bisa.”
“Entar aku coba minta ijin siapa tau bisa. Nanti kalo aku diijinin aku kabarin kamu gimana?”
“Ya udah aku tunggu kabarnya ya.”
“Memangnya kamu gak tahun baruan sama Ari?”
“Gak tau ya soalnya aku gak enak kalo ngajakin dia. Diakan malam ini kerja pulangnya kan jam 10 an gitu masa dia harus temanin aku lagi paling gak kan sampe jam 1 an gitu. Lagian besoknya diakan harus kerja lagi. Aku kasian kalo harus minta temanin.”
“Tapi kan Cia biar bagaimanapun apapun yang namanya pacar itu pasti akan berkorban buat kebahagiaan pacarnya. Ya gak Wan.”
“Apaan kok aku diikutin segala.” Sahut wawan yang lagi asik makan gorengan.
“Uh dasar makan aja kerjaanmu. Kenapa gak coba kamu tanya aja Ari siapa tau dia punya rencana sendiri buat kalian berdua.”
“Bener tuh Cia, kalian itu harus saling komunikasi jangan main tebak-tebakan gak bakal bisa jadi cenayang.” Sahut Wawan menambahkan.
“Gak usah deh Vi aku gak mau ganggu. Kalo memang dia pengen ngelewatin malam tahun baru sama aku pasti dia yang bakal ngubungin aku. Aku gak mau nyusahin dia Vi.”
“Yah terserah kamu aja deh Cia capek aku liat hubungan kalian ini. Udah ah mending kita makan gorengan daripada abis dimakan si wawan tuh.”
“Eh memangnya aku serakus itu mampu ngabisin gorengan ini sendiri.”
“Siapa tau aja wan…..”
Hati kecilku sih pengen ngubungin Ari tapi disatu sisi aku merasa kalo aku ngubungin dan bertanya tentang rencana tahun baru pasti dia akan menyanggupi untuk ngelewatin tahun baru berdua sama aku. Aku tuh gak mau nyusahin dia. Ada benarnya juga sih kata si Novi kalo pacar itu akan ngelakuin apa aja buat kebahagiaan pacarnya, tapi masa aku harus memaksakan kehendakku yang harus malam tahun baruan bareng sedangkan kondisi dia lagi capek. Aku ingin menjadi seorang kekasih yang mengerti kondisi kekasihnya. Kalo memang kondisi tidak memungkinkan untuk bisa berdua aku tidak akan memaksa. Aku berusaha untuk menjadi pengertian.
Aku pulang jam 4 sore seperti biasa gak ada yang special dengan hari ini. Memang disepanjang jalan banyak orang meniupkan terompet untuk menyambut tahun yang baru tapi aku gak terlalu antusias menyambut tahun 2009. Sampai dirumah mandi dan siap-siap untuk kerumah kak Iwan yang ngadain acara ulang tahun plus malam tahun baruan. Masih gak berani untuk ngubungin Ari. Habis magrib semua keluarga berkumpul dirumah Kak Iwan yang diawali dengan pembacaan doa setelah itu kita langsung menyerbu hidangan. Memang disini suasananya sangat ramai selain keluarga besar juga para tetangga ikut memeriahkan rumah ini tapi gak tau kenapa diantara keramaian ini aku merasa kesepian, aku merasa ada yang kurang. Hatiku gak senang berada disini. Aku kangen sama Ari. Apa aku harus menghubungi Ari ya? Ah gak usah terlalu memaksakan kehendak itu namanya. Aku berusaha berbaur dan menghibur hatiku dalam acara ini.
Jam 10 lewat kita pamit pulang karena sudah pada capek dan ngantuk. Sewaktu aku baru sampai didepan rumah Hp ku bunyi sms dari Novi yang mengatakan kalo dia sudah mendapatkan ijin untuk ikut acara kantor. Aku masuk kerumah sebentar ambil jaket terus minta ijin sama mama untuk ikut acara tahun baruan sama teman-teman kantor. Awalnya mama gak ngijinin aku pergi sendirian tapi setelah aku bilang kalo pulangnya nanti aku bakal ditemanin sama teman kantor mama ngijinin juga tapi aku harus pulang jam 12 gak boleh lebih. Ya udah aku setuju aja daripada gak dapat ijin. Tanpa banyak protes aku langsung cabut dengan motor kesayanganku kerumah Pak Yahya Kepala Departemen Logistik yang rumahnya dijadikan tempat acara malam ini dan untungnya rumah Pak Yahya gak begitu jauh dari rumahku jadi aku gak terlalu khawatir kalo sendirian. Sampe disana udah banyak yang ngumpul dan aku liat Novi ternyata datang sama pacarnya si Andi yang rupanya ada di Samarinda saat ini.
“Lho kok datang sendirian?” Tanya Dani waktu melihat aku datang dengan motorku sendiri.
“Emang mau sama siapa lagi?” Sahutku berusaha untuk tersenyum.
“Lho pacarnya mana mbak?” Tanya yang lain lagi.
“Lagi sibuk.”
“Biasa kan malam tahun baru harus ngejar target buat kawin.” Sahut Novi menambahkan.
“Hebat ya bisa diijinin.” Sahutku menghampiri Novi.
“Iya. Tapi cuma sampe jam 11 aja gak boleh lebih. Lagian juga sama Andi kalo sendiri mungkin juga gak boleh. Kenapa Ari gak diajak?”
“Kan tadi aku udah bilang gak enak ngajak dia yang pasti sekarang ini baru pulang kerja. Pasti lagi capek kasian aku mau ngajaknya.”
“Aduh Cia kok kamu pengertian banget sih atau kamu itu bodoh banget ya. Udahlah gak usah dibahas kita senang-senang aja deh malam ini ya.” Aku berbaur dengan yang lain tapi baru beberapa menit menikmati acara tiba-tiba Hpku berbunyi sms dari Ari yang menanyakan aku dimana dan saat ini dia sudah ada di rumahku. Waduh gimana nih masa aku harus pulang lagi. Tapi aku gak ada pilihan lain.
“Vi, aku pulang dulu ya si Ari ada dirumah sekarang.” Sahutku.
“Lho kenapa gak disuruh kesini aja?”
“Entar deh aku kesini lagi sama dia kalo dia mau. Bilangin sama yang lain ya aku pulang dulu nanti aku kembali lagi.”
“Ya udah deh kalo gitu. Hati-hati ya….”
Aku langsung melaju dengan motorku. Sampai didepan rumah aku liat Ari duduk diatas motornya sambil merokok.
“Darimana?” Tanyanya dengan tatapan kurang suka aku keliaran sendirian.
“Dari rumah Pak Yahya disana ada acara tahun baruan bareng karyawan kantor. Udah lama? Baru pulang?”
“Kenapa sendirian? Kenapa gak ngubungin aku?”
“Mmmm… aku gak mau ngerepotin kamu. Kamukan kerja pasti cape kalo aku minta temanin sampe pagi soalnya kamukan besok juga harus kerja.”
“Cia….Cia… kamu tuh aneh ya. Ngomong aja kenapa sih. Biarpun kamu ngajak aku sampai subuh juga aku lakuin buat pacarku ini.” Aku jadi malu dengar kata-kata Ari barusan.
“Ya udah sekarang mau kemana?” Tanya Ari lagi.
“Kamu tadi masuk?”
“Gak. Aku disini terus aku sms kamu.”
“Oh gitu. Kalo gitu aku masukin motor dulu ya entar kita jalan. Tapi kamu mau gak kerumah Pak Yahya soalnya gak enak kalo aku gak datang tadi aku bilang aku bakal balik lagi.”
“Iya nanti kita kesana tapi sebelumnya kerumah dulu ya aku mau ganti baju gak enak pake gini terlalu resmi.”
“Oke deh.” Aku langsung masukin motorku dan pamitan lagi sama mama yang tau aku pulang. Waktu aku bilang aku pergi sama Ari, mama asik-asik aja cuma bilang hati-hati. Ari juga pamitan sama mama biar mama percaya kalo aku tuh perginya sama Ari. Kita pergi kerumah Ari dulu untuk nemanin Ari ganti baju. Aku sih sebenarnya agak kurang nyaman ya kerumah Ari malam-malam gini. Aku gak enak sama mamanya nanti aku dikira cewek apaan jam segini masih keliaran, tapi aku pikir ini kan malam tahun baru pasti mamanya Ari ngerti kalo gak tiap malam aku keluyuran kayak gini.
Disepanjang jalan rame orang meniupkan terompet dan menyalakan kembang api kayaknya orang-orang saling berlomba bagus-bagusan kembang api. Malam ini langit kota Samarinda meriah dengan cahaya kembang api dimana-mana. Sampe dirumah Ari ternyata Kak Yani kakak iparnya Ari masih belum tidur dengan anaknya yang masih ngeliatin kembang api didepan rumahnya. Aku juga ikut ngeliatin kembang api sambil nunggu Ari ganti baju. Lagi asik ngeliat kembang api mama Ari keluar juga mungkin terganggu karena suara kembang api yang rebut. Waktu mamanya ngeliat aku biasa aja tuh gak ada ekspresi yang gimana-gimana. Gak lama Ari keluar dan pamitan sama mamanya untuk jalan lagi sama aku. Aku juga ikut pamitan sambil mencium tangan dan pipi mamanya.
Sampe dirumah Pak Yahya bertepatan dengan jam 12 jadi kita ikutan heboh niup terompet dan nyalain kembang api. Semua ngumpul terus Pak Yahya memimpin doa. Kita semua berbaur gak ada perbedaan antara bawahan dan atasan semua lebur jadi satu dalam kebahagian menyambut tahun 2009. Selesai doa bersama kita langsung menyantap hidangan yang sudah disiapkan. Aku makan berdua sama Ari. Novi dan Andi terlihat mencari posisi sendiri. Setelah makan nyantai sebentar sambil menikmati para penyanyi dadakan. Malam ini meriah kembang api menghiasi langit malam ini semoga aja gak hujan. Gak terasa kita memasuki tahun 2009. Tahun ini aku hanya berharap dapat diberikan kesehatan jasmani dan rohani agar aku bisa menjalani hidupku lebih baik dari tahun kemaren dan harapanku yang utama semoga ditahun ini aku bisa menikah dengan Ari orang yang sangat aku cintai…..
“Kenapa diam?” Tanya Ari yang sedari tadi memperhatikanku.
“Gak. Gimana acaranya? Asik gak?”
“Asik juga. Apa permohonan kamu tadi sewaktu kita berdoa?”
“Aku berharap semoga aku selalu diberikan kesehatan.”
“Cuma itu?”
“Karena kalo kita sehat apapun bisa kita lakukan. Benar gak?”
“Iya juga sih. Apalagi?”
“Ya seperti tahun-tahun sebelumnya, aku mohon agar tahun ini aku bisa menikah sama kamu. Itu juga kalo kamu mau nikah nikah sama aku…..”
“Ya tentu aja donk sayang aku mau nikah sama kamu. Aku kan sayang sama kamu…..
“Kalo kamu sendiri mohon apa?”
“Kurang lebih sama. Mulai tahun ini aku akan lebih rajin lagi nabung biar kita bisa nikah seperti yang kita inginkan. Tahun ini kita pasti nikah. Kamu maukan nikah sama aku?”
“Iya donk. Buat apa aku pacaran lama-lama sama kamu kalo aku gak mau nikah sama kamu.”
“Kamu senang malam ini? Maafin aku ya sayang karena belum bisa bikin kamu bahagia.”
“Kenapa minta maaf? Kamu sudah bikin aku bahagia kok selama ini dengan sayang kamu. Malam ini aku senang banget…. Apalagi aku bisa sama kamu. Maafin aku juga ya sayang…..” Ari meraih pundakku dan memberikan kecupan dikening. Aku bahagia banget malam ini. Makasih Ya Allah semoga doa-doa kami bisa dikabulkan. Semoga pernikahan kita bisa terlaksana ditahun ini. Amien….. Selamat tahun baru 2009……..@IS 2009

 
You can follow any responses to this entry through the Contac Us. You can leave a response.